nusakini.com - Jakarta - Budi daya ikan lele warga Rusun Komarudin, Cakung, Jakarta Timur kini semakin berkembang. Dalam waktu enam bulan, sudah berhasil memanen sebanyak satu ton.

Kepala Unit Pengelola Rusun Komarudin, Ageng Darmintono mengatakan, ada 70 keramba yang disebar di empat kolam yang dimanfaatkan warga untuk budi daya ikan lele. Dari empat kolam tersebut, dalam waktu enam bulan sudah berhasil memanen satu ton lele. Seluruh lele didistribusikan ke warung-warung makan di kawasan Kecamatan Cakung. Selain itu ada juga yang dikonsumsi warga rusun.

"Budi daya ikan lele ini dikelola oleh Koperasi Rusun Komarudin Sejahtera (Korkas). Keramba ikan lele tersebar di empat kolam besar yang ada di empat blok," kata Ageng Darmintono

Menurutnya, dari empat kolam itu, pihaknya juga sudah melakukan pembenihan sendiri ikan lele. Keberadaan kolam ini sejalan dengan misi Gubernur DKI Jakarta untuk menyediakan lapangan kerja. Sebab dalam hal ini pengelola Rusun Komarudin memiliki misi Tridaya atau Tribina Yakni bina ekonomi, bina sosial dan bina fisik.

"Kolam ikan lele yang ada di belakang Blok A, C, D, F Rusun Komarudin ini masing-masing berukuran 20x30 meter persegi," tandasnya.(pr/kj/al)